Penyebab Terjadinya Perut Buncit dan Keras pada Wanita

Perut buncit dan keras yang terjadi pada Anda para wanita tentu terasa sangat mengganggu. Tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit, tetapi juga membuat Anda kehilangan rasa percaya diri karena mempengaruhi penampilan. Inilah penyebab terjadinya perut buncit dan juga terasa keras pada wanita.

Faktor Hormon dan Usia

Penyebab terjadinya perut buncit yang juga keras disebabkan karena faktor ketidakseimbangan hormon. Terlebih ketika telah berusia lebih dari 40 tahun karena jumlah hormon testosteron yang menurun, sehingga menyebabkan kalori menumpuk. Kalori ini kemudian menjadi lemak visceral yang membuat perut menjadi buncit dan keras.

Usia yang bertambah tidak hanya mempengaruhi hormon tetapi juga masa otot. Kondisi ini akan membuat metabolisme tubuh menurun dan proses pengolahan kalori menjadi tidak optimal. Akibatnya lemak akan menumpuk di perut, sehingga menjadi buncit dan terasa keras. Ini juga sejalan dengan terjadinya penyakit diabetes pada usia lanjut.

Menopause

Pada wanita, perut buncit dan keras juga dapat disebabkan karena sudah mengalami masa menopause. Pada masa ini lemak perut mengalami kenaikan dan menyebabkan terjadinya perut buncit. Di waktu yang bersamaan kadar estrogen mengalami penurunan yang drastis, sehingga lemak menumpuk di perut. Jadi, penting untuk Anda melakukan olahraga di saat usia lanjut.

Perut Berisi Angin

Penyebab perut Anda menjadi buncit dan juga terasa keras karena adanya angin di dalam perut yang membuatnya menjadi kembung. Perut tasa penuh dan bergas yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Selain angin, bisa juga disebabkan oleh air yang terjadi karena adanya penyakit hati kronik, gagal ginjal, atau bahkan kanker.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *