Cara Merawat Anakan Lovebird yang Baru Menetas

Cara Merawat Anakan Lovebird – Seperti yang kita ketahui, lovebird merupakan salah satu burung pengicau yang paling banyak digemari saat ini. Semakin hari popularitas burung lovebird semakin meningkat, sehingga penggemarnya pun terus bertambah bahkan bukan dari kalangan kicaumania.

Selain menjadikannya sebagai burung kontes, ternyata tidak jarang dari mereka yang membeli lovebird hanya sebagai burung hiasan dirumah. Hal tersebut memang sangat wajar karena selain memiliki suara lovebird ngekek yang khas, lovebird juga memiliki berbagai warna yang unik dan menarik.

Dengan popularitas yang terus meningkat dan diimbangi dengan penggemar yang terus bertambah. Beberapa kicau mania melihat peluang usaha yang sangat sayang untuk dilewatkan, yaitu dengan membudidayakan atau berternak burung lovebird.

Membudidayakan burung lovebird bukanlah hal yang mudah, namun bukan pula hal yang rumit sehingga sukar untuk dipelajari. Salah satu tantangan dalam membudidayakan burung lovebird yaitu merawat anakan lovebird yang baru menetas. Emang gak ada induknya? Mungkin sebagian dari kalian akan bertanya seperti itu. Perlu diketahui, terkadang induk lovebird tidak melolohkan anakan lovebird secara merata, sehingga akan ada yang kalah lalu mati.

Sangat disayangkan jika terjadi kematian, jadi sebaiknya kita pahami cara merawat anakan lovebird yang baru menetas. Dengan pemahan tersebut kita bisa mengurangi resiko kematian pada anakan lovebird.

Lalu bagaimana caranya? Mari simak dibawah ini :

Cara Merawat Anakan Lovebird yang Baru Menetas

Cara Merawat Anakan Lovebird yang Baru Menetas

1. Anakan burung lovebird yang baru menetas, sebaiknya ditempatkan diruangan dengan suhu 380 – 390 C agar tetap hangat. Teman-teman bisa menggunakan inkubator, jika tidak ada bisa menggunakan lampu bohlam atau lampu pijar ukuran 5 watt, jarak antara lampu dan anakan lovebird sekitar 25 cm -30 cm.

2. Tiga jam setelah menetas silahkan berikan pakan lolohan. Jika teman-teman belum bisa membuat pakan lolohan bisa membeli pakan lolohan merk bnr atau merk lain yang memiliki kualitas bagus.

Pastikan pakan lolohan benar-benar halus karena untuk burung anakan supaya pencernaannya tidak terganggu.

Pada umur 0-7 hari, adonan pakan lolohan dibuat encer, tujuannya agar anakan lovebird mudah menelannya. Jika sudah mencapai umur 7 hari, adonan pakan lolohan dibuat agak kental hingga anakan lovebird berumur 14 hari. Setelah umur 14 hari, adonan pakan dibuat kental hingga mur 45 hari.

Saat lovebird berumur 45 hari sekarang saatnya melatih burung tersebut memakan biji-bijian seperti milet dan canary seed dengan cara menaburnya di alas kandang. Hal ini untuk melatih lovebird anakan belajar makan dan minum sendiri.

Jika sudah mencapai umur 60 hari, berikan lovebird jagung muda setiap hari setidaknya hingga 4 bulan.

Nah, demikianlah cara merawat lovebird anakan yang baru menetas supaya tidak mati. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya guys.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *