Beberapa Macam Alat Sterilisasi Yang Digunakan Di Rumah Sakit

Kegunaan alat sterilisasi sangat beragam mengingat banyaknya kebututahan yang membutuhkan tempat atau peralatan yang seteril, seperti di rumah sakit. Oleh karena itu bentuk alat-alatnya pun berbeda-beda, namun tergantung dengan jeisnya.

Alat sterilisasi kering adalah salah satu jenis alat sterilisasi yang paling banyak digunakan, karena alat ini dapat membantu menseterilkan ruangan atau barang yang kering tanpa adanya air maupun uap.

Alat sterilisasi rumah sakit memang khusus dibuat untuk membersihkan dan melestarikan ruangan di rumah sakit yang memang harus selalu bersih untuk perawatan pasien, sehingga pasien lebih merasa nyaman.

Selain alat yang khusus dibuat di ruangan, alat lain yang bisa membersihkan dan melestarikan ruangan yaitu Autoclave. Autoclave adalah alat yang digunakan untuk mensterilkan peralatan dan pelengkapan dengan menudukan material untuk uap tekanan tinggi jenuh pada 121° C selama sekitar 15-20 menit, tergantung pada beban dan isi.
Bebrapa jenis alat sterilisasi yang sering digunakan di rumah sakit :

1. Alat sterilisasi kering

Alat sterilisasi kering dapat digunakan untuk membersihkan peralatan medis dati kuman dan bakteri. Alat tersebut menggunakan oven dengan uap tingginyang dapat menghasilkan dan mensterilakan peralatan yang terbuat dari logam. Biasanya alat ini sering digunakan di klinik dan ruangan persalinan.

2. Alat lampu sinar UV

Alat lampu sinar UV berguna untuk mensterilkan ruangan agar dapat membunuh mikro organisme. Ruangan yang akan diberi lampu sinar uv harus dalam keadaan steril supaya virus dan bakteri tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Lampu sinar uv tidak boleh digunakan dengan waktu yang lama. Penggunaannya cukup 15 menit atau sesuai ruangan yang akan di sterilisasikan.

3. Sterilisator basah

Autoclave disebut juga dengan alat sterilisator basah. Hal ini karena dalam proses sterilisasi dengan autoclave, melibatkan media air. Autoclave digunakan untuk mensterilkan alat dari kuman dan bakteri yang cara menggunakannya, menggunakan air yang mendidih. Kemudian tunggu beberapa waktu kurang lebih 15-20 menit untuk dapat mensterilkan alat tersebut.

Peggunaan sterilisasi harus dengan keadaan yang bersih dan harus dicuci terlebih dahulu. Kemudian untuk peralatan medis sterilisasi juga harus tertata rapid an baik sehingga seluruh bagian dapat di sterilikan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *