Beberapa Macam Alat Kesehatan Yang Bersifat Emergency

Kita mengetahui, ada banyak sekali macam dan jenis alat kesehatan yang terdapat di rumah sakit atau klinik. Salah satu diantaranya yang berfungsi atau berperan sebagai alat emergency atau alat pertolongan cepat. Apa sajakah alat – alat medis yang termasuk dalam peralatan yang bersifat emergency ? Berikut ini ulasannya.

Macam Alat Medis Yang Berfungsi Sebagai Alat Emergency

Beriku ini beberapa contoh alat medis yang bisa kita kelompokkan ke dalam alat emergency. Tentu tidak semua alat akan disebutkan di sini. Namun inilah beberapa macam alat tersebut.

1. Streetcher

Streetcher atau dalam istilah yang lebih mudah yaitu tandu, sejatinya merupakan alat yang berfungsi untuk membawa korban dari satu tempat ke tempat lain. Dari lokasi kecelakaan ke rumah sakit, dari ambulan ke ruang IDG, dari lapangan ke lokasi pertololongan dan lain – lain. Ada banyak sekali macam dan jenis stretcher apabila kita pelajari. Namun yang umum kita temui sebagai alat emergency yaitu stretcher ambulan.

2. Defibrillator / AED

Alat medis yang bersifat emergency berikutnya yaitu Defibrillator. Tahukah anda apa itu defibrillator ? Ya, defibrillator merupakan alat medis yang berfungsi untuk mengembalikan detak jantung pada kondisi normal setelah mengalami gangguan karena serangan jantung. Defibrillator otomatis yang disebut dengan AED (Automated External Defibrillator) merupakan alat emergency darurat yang sekarang direkomendasikan untuk disediakan di tempat – tempat umum seperti bandara, stadion, stasiun dan lain sebagainya. Alat ini bisa didapatkan di toko alat kesehatan yang jual defibrillator dengan berbagai macam model dan jenisnya.

3. Alat Oksigenasi

Alat Oksigenasi terdiri dari tabung oksigen, regulator oksigen dan juga masker oksigen. Ketiga macam alat tersebut termasuk dalam satu kategori yaitu alat emergency. Alat ini berfungsi untuk memberikan supply oksigen bagi pasien yang membutuhkan. Biasanya alat in diberikan kepada pasien yang membutuhkian oksigen karena mengalami gangguan pernapasan, atau kondisi kecelakaan yang membutuhkan banyak oksigen agar cepat pulih.

Nah itulah sekilas mengenai contoh alat emergency yang ada di rumah sakit atau pusat – pusat pelayanan medis lain seperti klinik dan sejenisnya. Demikian saja yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *