Apa Itu Kontraksi? Kenali Gejala dan Atasi Segera

Ciri-ciri kontraksi seringkali dialami oleh ibu hamil, meskipun tidak semua ibu hamil akan merasakan kontraksi palsu. Terkadang mereka juga masih bertanya apa itu kontraksi palsu dan asli, terutama bagi mereka yang baru hamil pertama kali.

Gejala kontraksi biasa dimulai dengan rasa sakit yang bisa menjalar ke bagian perut, punggung, pinggul, dan bagian lainnya. Gejala ini biasanya muncul menjelang persalinan atau pada trimester ketiga. Untuk itu, Anda bisa melakukan 4 hal ini untuk mengatasi kontraksi yang datang.

  • Minum Air Putih

Ibu hamil mungkin akan merasa kesulitan dalam membedakan antara apa itu kontraksi asli dan palsu. Kedua jenis kontraksi ini bisa diatasi dengan memenuhi cairan dalam tubuh. Apabila Anda mulai mengalami kontraksi, maka segeralah meminum satu atau dua gelas air putih hangat.

Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk menyediakan air putih hangat di sebelah tempat tidur. Jadi, ketika kontraksi datang di malam hari, ibu hamil tidak perlu berjalan jauh-jauh untuk mengambil air putih.

  • Mandi Air Hangat

Membuat tubuh lebih relaks adalah tujuan dari cara mengatasi relaksasi. Pasalnya, dengan mandi air hangat maka peredaran darah bisa mengalir dengan lebih lancar sehingga membuat tubuh lebih relaks. Anda bisa berendam air hangat ketika kontraksi mulai terjadi.

Namun, Anda perlu berhati-hati ketika berada di kamar mandi karena permukaan lantai yang licin bisa membuat Anda tergelincir. Anda bisa memegang tembok atau tiang yang kuat ketika berjalan di kamar mandi. Berjalanlah dengan perlahan agar tidak tergelincir.

  • Pemijatan

Rasa nyeri dan pegal seringkali dialami oleh ibu hamil, terutama jika kontraksiĀ datang. Rasa sakit tersebut bisa menyebar ke berbagai bagian tubuh dan membuat sang ibu merasa tidak nyaman. Anda bisa meminta sang suami untuk melakukan pemijatan pada bagian punggung, perut atau pudak.

Dengan sentuhan ini, rasa sakit saat kontraksi bisa berkurang dan juga bermanfaat untuk hubungan Anda bersama sang suami agar lebih romantis dan harmonis. Namun, pastikan jika pemijatan dilakukan secara perlahan dan lembut, terutama pada bagian perut.

  • Berganti Posisi

Berganti posisi biasanya dilakukan untuk mengatasi kontraksi palsu. Meski demikian, Anda bisa mencobanya dengan disertai teknik pernapasan yang tenang. Jika awalnya Anda berada pada posisi duduk, maka Anda bisa berdiri dan kemudian berjalan ringan di dalam ruangan.

Hal ini membantu melancarkan peredaran darah dan juga mengalihkan perhatian kita dari rasa sakit kontraksi. Jangan lupa untuk mengatur pernapasan dengan tenang agar kita menjadi lebih relaks.

Kondisi tidak nyaman saat kontraksi bisa kita atasi dengan memahami apa itu kontraksi dan bagaimana cara mengatasinya. Selain itu, ibu hamil juga harus dibekali banyak ilmu agar tidak mengalami gangguan saat hamil. Anda bisa mendapatkan info bermanfaat lainnya dari orami.co.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *