CARA MENGGEMUKAN SAPI YANG IDEAL

Bagaimana cara menggemukan sapi kurus dan membuatnya tumbuh optimal? Ada banyak penyebab yang jadi momok, kenapa sapi cenderung lamban tumbuh dan tampak kurus dengan bobot yang tidak maksimal. Sebelum kita msuk ke cara penggemukan sapi  alangkah baiknya kita cari dulu kenapa sapi peliharaan kita kurus? inilah beberapa penyebab kenapa sapi kurus dan lambat berkembang:

cara menggemukan sapi

1.       Terserang Penyakit Parah, kadang kita merasa sudah memberikan pakan yang terbaik dengan kadar nutrisi yang cukup untuk hewan ternak sapi, namun nyatanya kondisi pertumbuhan sapi sangat lamban bahkan cenderung semakin kurus.

2.      Menderita Cacingan, penyakit cacing atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai helminthiasis paling sering ditemui pada sapi adalah jenis cacing yang menyerang pada hati sapi dan pencernaan. Sulit untuk mengetahui secara pasti keadaan seekor sapi yang terserang cacingan dengan melihat secara kasat mata. Karena pada kondisi yang belum parah sapi tidak menunjukan gejala yang bisa diamati dengan visual. Butuh waktu yang lama terjangkitnya seekor sapi hingga sapi menunjukan tanda-tandanya.

3.      Masa Menyusui, Pada sapi betina sering dijumpai sapi tampak kurus setelah melahirkan karena harus menyusui anak-anaknya. Untuk mengatasi sapi yang kurus karena menyusui maka perlu adanya tambahan pakan yang lebih baik.

4.    Gangguan Nafsu Makan, Gangguan nafsu makan pada sapi bisa bermacam-macam. Bisa jadi karena stress setelah dipindah dari satu tempat ke tempat yang jauh dan melelahkan. Atau bisa juga karena penyakit tertentu seperti contoh diatas karena terserang penyakit cacingan. Atau bisa juga karena faktor lain seperti makanan yang tidak berbariasi dan sebagainya. Hilangnya nafsu makan jelas sangat berpengaruh pada proses penggemukan sapi. Karena itu perlu langkah-langkah penanganan agar sapi lahap dan bobot sapi segera naik sesuai target.

5.      Mencret dan Gangguan Pencernaan, Mencret yang berkepanjangan juga bisa menjadikan sapi kurus. Ada dua penyebab utama sapi mencret yaitu karena adanya penyakit atau karena faktor fisiologis yang disebakan karena perubahan cuaca, krena faktor pakan dan perpindahan kandang serta beberapa faktor lain.

6.      Kurangnya Asupan Gizi atau Pakan Yang Tidak Optimal, Banyak kasus sapi kurus namun sebenarnya tidak ada masalah kesehatan dan nafsu makanya. Pemberian pakan yang buruk dan terkesan seadaanya bisa jadi merupakan salah satu penyebab sapi kurus.

Nah setelah kita mengertahui penyebab sapi kurus, lalu bagaimana cara menggemukan sapi kita supaya bisa gemuk dan sehat? Berikut ulasannya

a.       Buat kandang untuk penggemukan sapi, ukuran kandang yang ideal bagi sapi ialah 2,5m x 1,2 m untuk satu sapi. Jangan smapai anda membuat kandang yang terlalu sempit untuk sapi karena sapi butuh tempat yang cukup luas untuk dirinya.

b.      Pemilihan bakalan yang tepat untuk penggemukan sapi, bakalan sapi yang baik untuk penggemukan ialah sapi dengan umur 2-2,5 tahun. Jenis kelaminnya jantan, jangan pernah anda memilih sapi yang sudah gemuk pilihlah sapi yang kurus namun sehat dan yang nafsu makannya banyak, memiliki tulang yang menonjol, buku yang halus tidak kusam, dan pada bagian matanya terlihat bersinar ini menandakan bahwa sapi dalam keadaan sehat dan lihat bahwa kotoran sapi tidak mencret.

c.       Pemberian menu ternak yang sesuai, berikan pakan sapi yang hijau dan berkonsentrat misalnya sepertii bekatul ampas tahu, ampas tebu, singkong dan polar. Pemberian pakan ternak yang berkualitas akan berpengaruh positif pada pertumbuhan sapi. Berikan juga vitamin penggemuk sapi agar hasilnya lebih maksimal.

d.      Penanggulangan penyakit dalam penggemukan sapi, berikan vaksinasi saat pertama kali sapi datang lalu masukkan sapi ke kandang karantina jauhkan dari ternakan sapi yang lain, mandikan sapi hingga bersih dan jemur hingga bulunya kering. Lihat perkembangan sapi anda selama karantina jika berkembang dengan baik maka anda bisa gabungkan dengan sapi yang lain dan sapi anda siap untuk penggemukan.

Demikian cara menggemukan sapi yang wajib anda ketahui, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *