Herbal Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Herbal merupakan tanaman yang memiliki kandungan zat aktif yang seringkali dimanfaatkan untuk kesehatan dan pengobatan. Biasanya herbal diolah sedemikian rupa baik itu direbus, atau oleh perusahaan tertentu dijadikan bubuk untuk masukkan dalam kapsul.

Meskipun saat ini teknologi tinggidan tingkat kemajuan medis sangat luar biasa, tetapi pada kebanyak orang terutama di asia, pada sebagian orang lebih memilih pengobatan dengan cara tradisional dengan memanfaatkan herbal daripada obat-obatan medis.

Herbal Manfaatnya Untuk Kesehatan

Memang sih. Jika dikaji lebih dalam herbal bisa dikatakan lebih aman untuk dikonsumsi karena bersifat natural atau setidaknya memiliki efek samping yang lebih kecil dari pada obat-obatan kimia. Tetapi kembali lagi pada sisi penggunanya ya. Karena jikaobat medis apabila digunakan secara benar dengan pengawasan dokter tentu saja akan aman dan memberikan manfaat yang optimal. Sebaliknya juga demikian penggunaan herbal yang serampangan dan terkesan asal-asalan tentu juga akan memberikan efek negatif bagikesehatan.

Herbal Populer Untuk Kesehatan

Ada banyak jenis herbal yang sering dimanfaatkan untuk kesehatan. Terutama di negara kita Indonesia. Ada banyak sekali jenis tanaman herbal yang seringkali dimanfaatkan untuk kesehatan dan membantu penyembuhan penyakit.  Bahkan bukan hanya herbal saja, jenis kacang tanah pun juga bermanfaat untuk kesehatan jika tau pengolahannya.

Beberapa diantaranya adalah seperti :

  1. Temulawak. Tanaman hebal satu ini sering dikaitkan dengan pengobatan sakit kuning atau lever. Memang benar sekali. Hal ini dikarenakan zat kurkumin yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat sekali bagi organ hati atau lever. Tetapi perlu diketahui juga bahwa temulawak juga bermanfaat untuk pencernaan seperti lambung, usus juga. Bahkan penelitian lebih lanjut menyebutkan kandungan aktif dalam herbal yang masih satu keluarga dengan jahe ini sangat bermanfaat untuk peningkatan metabolisme tubuh terhadap lemak dan kolesterol.
  2. Jahe. Nah untuk jenis rimpang satu ini hampir semua orang mengenalnya dan bahkan mungkin sudah pernah mengkonsumsinya. Bahkan konon presiden Jokowi yang terkenal dengan presiden blusukan yang seolah tidak kenal lelah tersebut setiap pagi mengkonsumsi jahe dicampur dengan temulawak dan kunyit. Memang jahe salah satu manfaatnya adalah membantu memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga membuat tubuh lebih bugar dan mencegah masuk angin. Tetapi harus mengetahui lebih dalam ya, karena ada beberapa jenis jahe, seperti jahe merah, Jahe gajah, Jahe emprit yang satu marga tetapi tergantung dari penggunaannya.
  3. Kunyit. Herbal satu ini tentu saja kita juga tau, karena seringkali dimanfaatkan dalam bumbu dapur. tetapi rimpang satu ini juga sangat luar biasa dimanfaatkan dalam pengobatan. Karena seperti halnya temulawak, kunyit juga mengandung zat kurkumin yang tinggi.

Itulah 3 jenis herbal yang populer terbanyak digunakan untuk pengobatan. Karena itulah tidak salah jika kandungan tersebut juga dimanfaatkan oleh suatu perusahaan dalam kandungan obat herbal yang diproduksinya. Dan salah satunya adalah Kutus Kutus.

Kutus Kutus ini diproduksi oleh Perusahaan yang benama Tamba Waras di desa Bona Gianyar Bali. Herbal satu ini terkenal karena kandungan aktifnya yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri melalui suatu terapi. Terapi ini dinamai terapi balur yang saat ini banyak digaungkan di media sosial.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *