Daftar Universitas Penyedia Kuliah Online Terbaik Untuk Melanjutkan Pendidikan

Pembelajaran berbasis online merupakan sebuah sistem pembelajaran terbaru yang tidak mengharuskan siswanya datang ke lokasi belajar, jadi kegiatan belajar dilaksanakan secara online. Meski terbilang belum populer, namun jenis pembelajaran yang satu ini mulai diadakan oleh berbagai universitas ternama seperti beberapa universitas online di Indonesia berikut ini:

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kabar gembira bagi para karyawan, ternyata salah satu universitas terbaik yang ada Indonesia menyediakan pilihan kuliah berbasis online. Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki sebuah program baru bernama eLisa (e-learning system for academic community), sebuah sistem yang menjembatani dosen dan mahasiswanya agar tetap bisa melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di luar jam pelajaran/kuliah.

Program ini tentunya menjadikan kegiatan diskusi kedua belah pihak menjadi lebih mudah, terlebih dengan jumlah mahasiswa yang banyak. Namun sayangnya untuk jurusan atau program studi sendiri dibatasi, untuk lebih jelasnya silahkan cek langsung website Universitas Gadjah Mada. Informasi lebih lengkap mengenai kuliah sistem online UGM bisa diakses di tip.ugm.ac.id.

Universitas Indonesia (UI)

Universitas terbaik selanjutnya yang menyediakan kuliah online adalah Universitas Indonesia (UI), salah satu universitas yang namanya sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Program kuliah berbasis online yang disediakan oleh Universitas Indonesia sebenarnya sudah ada sejak tahun 2002, dilaksanakan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana penunjang pembelajaran

Program kuliah ini merupakan program credit meaning (perolehan kredit) dimana setiap mahasiswa bisa mengambil satu atau lebih mata pelajaran yang disediakan secara online, jika sudah memenuhi evaluasi hasil belajar dan dinyatakan lulus mata kuliah tersebut maka mahasiswa akan mendapatkan sertifikat.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Selanjutnya universitas yang menyediakan kuliah berbasis online yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), salah satu Universitas terkemuka dan terbaik yang ada di Indonesia. ITB menyediakan kuliah sistem online untuk calon mahasiswanya, program kerja diri sendiri terdiri dari pembelajaran, kuis online, wadah repository, dan juga interaksi belajar sinkronus dan asinkronus.

Universitas ini juga menyediakan e-learning yang digunakan sebagai tempat mahasiswanya mengembangkan konten multimedia, seperti storyboard hingga produksi konten. Untuk mendapatkan informasi lebih mengenai  kuliah sistem online di ITB ini, silahkan mengunjungi website resmi ITB secara langsung.

Universitas Al-Azhar Indonesia

Tentu Anda pasti familiar dengan nama universitas ini, Universitas Al-Azhar Indonesia merupakan salah satu universitas yang cukup populer di kalangan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Sama halnya dengan banyak universitas populer lainnya, UAI masuk kategori universitas online di Indonesia karena selain menyediakan sistem kuliah konvensional namun juga tersedia kuliah dengan sistem online untuk calon mahasiswanya.

Ada banyak jurusan yang disediakan oleh UAI bagi mahasiswanya yang ingin mengambil kuliah dengan sistem online, seperti Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Hukum dengan jenjang pendidikan strata 1 dengan kualitas pengajaran tidak kalah keren dengan berbagai universitas ternama lainnya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai kuliah dengan sistem online ini seperti biaya dan lainnya, bisa langsung cek di website universitas Al-Azhar Indonesia atau bisa juga di website cek di lama Pintaria.

Institut Teknologi Sepuluh November

Tidak mau kalah dengan Universitas lain, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) juga menyediakan sistem kuliah online untuk calon mahasiswanya. Universitas yang berlokasi di Surabaya ini membuka program kuliah dengan sistem online yang diberi nama share ITS (Sharable & Disable eLearning ITS), sebuah sistem e-learning yang digunakan Institut Teknologi Sepuluh November yang dibuat melalui program Hibah ICT Inheren di tahun 2006.

Berbagai jurusan kuliah sistem ini juga beragam mulai dari Mathematics and Natural Science, Industrial Technology, Civil Engineering and Planning, Marine Technology, Information Technology, Master Program, dan masih banyak lagi jurusan menarik lainnya yang bisa diakses di laman utama situs web share ITS.

Universitas Mercu Buana

Mercu Buana university termasuk pada daftar universitas terbaik yang ada di Indonesia, karenanya tidak heran Universitas ini membuka program kuliah sistem online yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa Universitas ini. Tujuan penyelenggaraan program kuliah berbasis online ini yakni untuk meningkatkan kualitas belajar terlebih bagi mahasiswa yang bukan hanya sekedar kuliah namun juga sibuk bekerja, dengan begitu diharapkan mahasiswa masih bisa belajar tanpa ada batasan waktu dan tempat. Informasi lebih lanjut mengenai kuliah sistem online ini bisa diakses di laman elearning.mercubuana.ac.id.

Selain berbagai universitas yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih ada banyak universitas online di Indonesia yang telah menyediakan sistem perkuliahan berbasis online seperti Universitas Muhammadiyah Jakarta UMJ), Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB), Sekolah Tinggi Manajemen (STM), Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), Universitas Sahid (USAHID), dan masih banyak lagi Universitas menarik lainnya yang bisa di cek di pintaria.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *